Wednesday 19 October 2016

25 Tempat Wisata Terbaik di Semarang

Selain terkenal dengan kota Lumpia, kota Semarang juga dikenal sebagai kota wisata khusunya di daerah Jawa Tengah. Mulai dari semenanjung pantainya yang luas sampai pegunungannya pun tak kalah dengan kota besar lainnya, seperti Bandung dan Malang.

Banyak sekali referensi tempat wisata yang bisa anda buat sebagai rujukan saat berkunjung ke Kota Semarang ini. Berikut ini 25 tempat wisata terbaik di Semarang yang kami rekomendasikan untuk anda:

1. Masjid Agung Jawa Tengah


Masjid Agung Jawa Tengah ini dibangun dengan arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi. Bangunan dengan 25 pilar itu dihiasi dengan indahnya kaligrafi. Ada 25 Pilar yang melambangkan para Nabi dan Rasul, mulai dari Nabi Adam sampai Nabi Muhammad Saw. Selain itu, terdapat dua kalimat syahadat yang ditulis dengan kaligrafi indah nan menawan yang terpampang jelas di bagian gerbang utama. 

Hal yang paling menonjol dari Masjid Agung adalah Tower/Menara Al-Husna. Tower dengan ketinggian 99 meter dan berlantai 18 ini punya kafe yang bisa berputar 360 derajat. Bila kamu sedang berada di Tower Al-Husna tersebut, jangan lupa melihat-lihat semrang dengan teropong yang disediakan oleh Masjid Agung Sebanyak 5 buah teropong.

Masjid Agung Jawa Tengah juga menyediakan penginapan yang disediakan di Wisma Masjid Agung sendiri. Terdapat 23 kamar dengan kelasnya masing-masing. 

2. Lawang Sewu


Lawang Sewu merupakan bangunan kuno pada masa penjajahan di era Belanda. Bangunan ini dibangun pada 1904 Masehi. Pada masa awal, lawang sewu menjadi pusat perusahaan kereta api Belanda. Terdapat 429 buah lubang pintu dengan daun pintu lebih dari 1.200. Maka dari itu, oleh orang jawa dinamai Lawang (Pintu) Sewu (Sewu), karena orang jawa lebih suka menamai banyaknya suatu jumlah dengan ringkasnya “Sewu”. 

Bagi anda yang menyukai fotografi bisa mengabadikan moment berfoto berlatarkan gedung bersejarah ini. Jika anda tertarik dengan suasana horor, anda bisa masuk ke ruang bawah tanah. Baik sendiri ataupun menyewa guide untuk memandu perjalanan anda. 

3. Water Blaster Bukit Candi Golf


Tempat yang satu ini sangatlah cocok untuk liburan bersama pasangan maupun keluarga. Water Blaster Bukit Candi Golf sendiri terletak di Tempat Wisata Di Semarang kedua belas. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi bagi anda yang ingin berekreasi bersama keluarga. Dalam obyek wisata ini terdapat delapan unit wahana air terlengkap dan terbesar di Semarang yang dapat memanjakan anda bermain dan berenang bersama keluarga. Fasilitas lainnya adalah ruang pertemua berbentuk kapal pesiar yang bisa anda gunakan untuk rapat dan berbagai pertemuan lainnya, serta dapat menampung 150 orang. Lokasi tempat ini yaitu di Jl Bukit Candi Golf No 1 Semarang. 

4. Taman Rekreasi Wonderia 


Taman Rekreasi Wonderia dibangun di atas tanah seluas 3 hektar yang beralamat di Jl. Sriwijaya No. 29, Semarang, Jawa Tengah. Banyak sekali fasilitas menarik yang bisa anda mainkan, seperti Space Gyro, Merry Go Round, Typhoon Coaster dan sebagainya. 

5. Umbul Sido Mukti


Salah satu Wisata Alam Pegunungan yang terkenal di Semarang terdapat di Desa Mukti, Bandungan, Semarang. Selain alamnya yang asri, disini juga terdapat umbul (Air mancur alami) yang dibuat sebagai kolam renang tertinggi di Indonesia karena keberadannya di gunung.

Ada banyak sekali wahana yang bisa kamu mainkan, seperti Out bound, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, Meeting Room dan berkuda. Serta terdapat gazebo untuk sekedar bersantai ria bersama keluarga. 

6. Rawa Pening


Danau sekaligus wisata air seluas 2.670 hektare ini menempati beberapa wilayah di Sekitar Semarang. Mulai dari Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru Semarang Jawa Tengah. Rawa Pening sendiri terletak di lereng Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran. Dengan menggunakan perahu tradisional anda bisa menyusuri lokasi penghasil enceng gondok tersebut.

7. Museum Ronggo Warsito

Salah satu museum yang dimiliki oleh Semarang adalah Ronggowarsito. Museum ini beralamatkan di Jalan Abdul Rahman Saleh No. 1 Kalibanteng Kulon Semarang. Anda bisa belajar tentang arkeologi, sejarah dan budaya lokal Semarang.

8. Museum Mandala Bakti 

Mandala Bakti dirancang pertama kali sebagai “Raad van Justitie” Pengadilan Tinggi bagi golongan rakyat Eropa yang berada di Semarang. Kuhr E. dari Firma Ooiman dan van Leeuwen termasuk perancang Mandala Bakti tersebut. Bagi anda yang menyukai sejarah wajib datang ke Museum Mandala Bakti di Semarang ini.

9. Kota Lama Semarang


Salah satu wisata di Semarang yang bisa anda kunjungi selanjutnya yaitu Kota Lama. Bangunan berarsitektur Eropa Belanda ini biasa disebut sebagai “Little Netherland”. Selain itu, terdapat sebuah Gereja Bleduq berusia 2,5 abad yang bisa anda nikmati keasliannya. Atapnya yang melengkung bercorak merah dan berdinding putih menambah keindahan tempat kuno peninggalan Belanda ini.

Ciri khas dari Gereja Bledug ini adalah Empat buah pilar dan menara kembar tepat di bagian depan. Biasanya, di musim pernikahan banyak sekali pasangan muda-mudi mengambil foto sebagai prewedding.

10. Candi Gedong Songo


Gedong Songo terletak di lereng gunung Ungaran Desa Candi kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Candi peninggalan Hindu ini mempunyai 9 candi yang tersebar di lereng Gunung. Di bawah kawasan ini terdapat kawah air panas dari belerang. Jika anda suka menghabiskan waktu bersama teman-teman, Candi Gedung Songo sangatlah cocok. Selain udaranya yang asri, lokasi tanahnya yang terasering sangat cocok untuk kemah. Ada pula penyewaan kuda dan aneka permainan yang bisa kamu mainkan.

11. Goa Kreo dan Waduk Jatibarang 


Obyek wisata Goa Kreo berbentuk alam asli buatan alam, menyipan sejarah Sunan Kalijaga. Menurut Cerita, dahulu Sunan Kalijaga bertapa di daerah tersebut. Kemudian ada beberapa kera yang menghampiri beliau untuk berguru namun karena kera tersebut “Ngeyel” (Tidak Patuh) akhirnya disuruh mendiami kawasan Goa Kreo tersebut. Hingga kini ada ratusan kera yang mendiami lokasi itu. Selain itu, ada juga Waduk Jatibarang dan Air Terjun yang dapat kamu nikmati keasriannya.

12. Kampung Pecinan Semarang


Suasana Negeri Tiongkok bisa anda rasakan di Kota Semarang. Di sini, terdapat 11 klenteng, dan 10 klenteng diantaranya ada di Komplek Pecinan. Dari sekian banyaknya klenteng itu mempunyai nilai sejarah sendiri yang membuat para wisatawan sulit untuk melupakan kearifal lokal pecinan kecil ini. 

13. Jalan Pahlawan Semarang 


Salah satu jalan terbesar di Semarang terdapat di Jalan Pahlawan. Jalan yang menghubungkan Simpang Lima dengan Jalan Pahlawan ini sangat ramai dikunjungi anak muda di waktu malam. berbagai makanan khas Semarangan bisa anda jumpai saat mampir di Jalan tersebut. 

14. Taman Pemancingan Baron 


Tempat Pemancingan Baron ini termasuk taman pemancingan yang digemari warga sekitar Semarang. Selain kulinernya yang khas, ada banyak sekali macam ikan yang bisa anda temukan. Di samping itu, hasil tangkapan anda bisa dimakan ditempat ataupun dibawa pulang. Jika anda tertarik makan bersama keluarga di sini, ada beberapa menu yang bisa dijadikan acuan, diantaranya Bandeng Bakar, Bandeng Goreng, Bandengn Kropok, dan Bandeng Bumbu Kali dan aneka seafood lainnya. 

15. Pantai Maron 


Pantai Maron berletak di dekat Runway Bandara A. Yani Semarang. Untuk pergi kesana, anda harus melalui jalan yang belum beraspal alias tanah liat. Namun tak usah khawatir, usaha anda menempuh jalan kesana akan terbayarkan dengan ombak dan angin kencang Pantai Maron. Harga tiket sekali masuk hanya Rp 5 ribu saja, cocok untuk wisata keluarga dan teman-teman anda.

16. Pantai Marina


Pantai dengan segala keindahannya selanjutnya bisa anda temui di Pantai Marina. Sore hari anda bisa menikmati senja bersama kekasih atau keluarga, di sini juga terdapat banyak sekali pedagang keliling.

Hanya dengan 5 ribu per-orang, anda bisa menjernihkan otak setelah kesibukan yang sangat padat di kantor. Anda bisa juga naik perahu kecil untuk melihat ikan terbang. 

17. Pantai Tirang


Pantai yang berada tepat di sebelah pantai Maron ini belum banyak orang yang tahu. Luasnya bibir pantai Tirang bisa dibuat bermain bola dan volley pantai. Jadi jangan ragu jika anda mampir ke Semarang. 

18. Klenteng Sampokong


Jawa. Pada saat sampai di Pantura khususnya Semarang pada abad ke-14 M, beliau membangun sebuah bangunan untuk beribadah. Namun, ornamen-ornamen bangunan ini lebih bergaya ala Tiongkok.

Sam Poo Kong sendiri sudah menjadi ikon semarang sejak berabad-abad lalu, hingga kini keberadaannya masih menjadi objek sejarah bagi turis nasional dan internasional. Cukup Rp 4 ribu untuk pribumi dan Rp 15 ribu untuk turis mancanegara. 

19. Pagoda budhagaya Watugong


Pagoda Avalokitesvara Watugong ditetapkan sebagai museum tertinggi di Indonesia oleh MURI. Memiliki tinggi 45 meter serta memiliki tujuh tingkat. Vihara ini dibangun setelah runtuhnya kerajaan Majapahit. Hingga sekarang Vihara ini ramai dikunjungi pelancong dan para peziarah karena pada tahun1955 YM Bhante Narada dan Bhante Ashin meresmikan vihara ini saat berkujung ke Indonesia. 

20. Kebun Binatang Mangkang Semarang


Kebun Binatang Mangkang berada di Perbatasan Semarang dan kendal. Kebun binatang Mangkang sendiri memiliki sekitar 200 ekor hewan. Tempat ini mulai di buka semenjak tahun 2007 dan hingga kini Kebun Binatang tersebut selalu ramai dikunjungi apalagi musim liburan. 

21. Curug Benowo


Terletak di Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang terdapat Curug yang diberi nama oleh warga Curug Benowo. Karena letaknya yang sulit dijangkau kebanyakan orang, membuat curug ini sangat asri dan alami. Terlebih sangat disukai oleh para pendaki, baik lokal semarang maupun dari daerah-daerah lain di semarang. Keeksotisannya sudah muncul dalam perjalanan, mulai jalan setapak, naik turun dan jalan yang berkelak-kelok. 

22. Kampung Wisata Taman Lele 



Di Wisata Kampung Taman Lele selain bisa memanen ikan Lele, anda juga bisa bermain di danau buatan yang dilengkapi dengan sepeda air, kolam renang, permainan anak, aneka satwa dan gazebo untuk bersantai keluarga serta rekan kerja. 

23. Wisata Hutan Tinjomoyo


Areal hutan Tinjomoyo menyajikan pemandangan sejuk dan asri dengan ratusan pepohonan yang terpelihara. Kesejukan ini bisa dirasakan hanya di Hutan Tinjomoyo, Hutan Tinjomoyo berada di atas tanah seluas 57.5 hektar. Selain itu, Hutan ini juga menjadi daerah resapan air untuk menanggulangi kebanjiran yang sering melanda Kota Semarang. 

24. Bukit Gombel Semarang 


Bukit Gombel menawarkan pemandangan asri kota Semarang dari ketinggian. Kawasan Taman Tabanas ini akan sangat ramai pengunjung di kala malam hari. Saat lampu se-kota Semarang menyala, saat itulah anda melihat semuanya di atas Bukit Gombel ini. 

25. Taman KB Semarang


Taman KB ini berada di Jl Taman Menteri Supeno tepat di depan SMA Negeri 1 Semarang. Pada masing-masing ruas trotoar, di sisi barat tedapat dua deret, di sisi utara dan selatan terdapat satu deret tempat Pedagang Kaki Lima (PKL).

No comments:

Post a Comment