Wednesday 21 December 2016

Fakta Mengenai Adzan

Adzan adalah salah satu seruan dari umat Islam untuk melakukan kegiatan ibadahnya. Seperti yang kita ketahui bahwa adzan ini adalah suatu panggilan yang memanggil umat Islam untuk melaksanakan solat dan memenuhi kewajibannya. Sudah banyak kisah yang menghebohkan mengenai adzan yang ada di setiap penjuru dunia sehingga ada banyak kisah yang menakjubkan terjadi. Tidak hanya terjadi pada semua orang Islam, namun juga kepada orang non Islam. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa fakta mengenai adzan di dunia.

1. Datangnya Perintah Adzan
Fakta pertama yang berkaitan dengan adzan ini adalah dengan mengumandangkan adzan yang kini bisa kita dengar setiap memasuki waktu solat. Ternyata perintah diadakannya adzan ini adalah perintah yang tidak langsung terjadi, namun karena adanya mimpi dari para sahabat Rasulullah SAW. Pada saat itu, ada beberapa pendapat dari sahabat Rasul untuk cara memberitahu umat bahwa waktu solat telah tiba, ada yang menyarankan untuk membunyikan lonceng, meniup terompet atau mengibarkan bendera. Namun hal itu ditolak dan yang diterima adalah datang dari mimpi Umar dan juga Zaid yang menyarankan untuk bisa mengumandangkan waktu solat dengan adzan yang diperoleh mereka dari mimpinya. Sejak saat itu, Rasul setuju dan hingga saat ini, kejadian ini masih terjadi bukan?

2. Mengandung Perasaan yang Kuat
Adzan ini adalah salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari diri seorang muslim dan tentunya seorang muslim yang bertaqwa. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pikiran bawah sadar seorang yang taqwa akan lebih cepat dalam merespon sebuah rangsangan yaitu adzan yang didengarnya. Dengan otomatis syaraf orang tersebut bisa tersentuh sehingga membuat banyak orang pergi untuk segera melaksanakan ibadah saat mendengat adzan. Hal ini seperti layaknya proses yang telah ditanamkan ke alam bawah sadar manusia sehingga bisa dikatakan juga dengan adanya adzan ini seseorang akan merasa tenang dan semakin bersemangat.

3. Memberi Hidayah Semua Umat
Bagi orang muslim sudah tidak diragukan lagi jika adzan ini banyak memberikan pengaruh baik bagi peradaban agama Islam di dunia. Ada banyak hal baik berkaitan dengan adzan ini dan tidak hanya terjadi pada umat Islam namun juga bagi non Islam. Hal baik tersebut adalah seorang non Islam bisa menjemput hidayahnya setelah mendengarkan suara adzan yang berkumandang. Menurut beberapa orang mualaf yang masuk Islam karena suara adzan jni mengaku bahwa suara alunan adzan ini bisa menggetarkan hati dan mendorongnya dengan penuh kesadaran untuk mempelajari mengenai Islam lebih dalam. Bahkan beberapa artis Hollywood juga banyak mendapatkan hidayah dari mendengarkan adzan ini ketika memulai tour ke negara Islam di dunia.

4. Adzan Berkumandang Hingga Kiamat
Sebuah penelitian yang tidak sengaja membuat fakta terbaru mengenai suara adzan yang berkumandang ini. Para tim astronot yang mengadakan penelitan di planet lain dan untuk memantau bumi dari luar angkasa inilah yang tidak sengaja mendengar lafadz adzan berkumandang. Lafadz adzan yang berkumandang hampir di seluruh dunia ini ternyata saling bersahutan. Sahutan adzan ini terjadi antara daerah satu dengan yang lain dan ternyata hal ini tidak berhenti. Hal ini dikarenakan waktu solat dari berbagai negara ini tak sama sehingga bisa dikatakan suara adzan ini akan terus terdengar hingga kiamat. Hal menariknya lagi, hal ini telah dinyatakan dalam Al Quran. Wow, sungguh hebat bukan?

5. Miliaran Kali Dikumandangkan Sejak 14 Abad Lalu
Adzan dikumandangkan 5 kali sehari. Semenjak adzan pertama kali dikumandangkan 14 abad lalu hingga saat ini, tak dapat dihitung berapa juta kali adzan telah berkumandang.

Anggaplah setahun 356 hari. Jika 14 abad adalah 1400 tahun, maka 1400 tahun x 356 hari = 511000 hari. Dalam satu hari, adzan 5x dikumandangkan. Sehingga sedikitnya adzan telah dikumandangkan 2.555.000 kali. Jika dalam satu hari ada 1 juta muslim di dunia yang mengumandangkan adzan, jadi adzan telah dikumandangkan sebanyak 2.555.000.000.000 kali. Subhanallah!

6. Dikumandangkan Saat Peristiwa-Peristiwa Bersejarah
Selain digunakan untuk menandakan waktu salat tiba, adzan juga dikumandangkan pada momen-memen penting dan bersejarah. Misalnya ketika seorang bayi lahir. Selain itu, saat peristiwa penting dalam Islam terjadi, adzan juga berkumandang. Ketika pasukan Rasulullah berhasil menguasai Makkah dan berhala-berhala di sekitar ka’bah dihancurkan, Bilal bin Rabbah mengumandangkan adzan dari atas Ka’bah.
Peristiwa lain, ketika Konstantinopel jatuh ke tangan pasukan Ottoman yang mengakhiri Kekaisaran Romawi Timur, beberapa perajurit Ottoman masuk ke dalam lalu mengumandangkan adzan sebagai tanda kemenangan mereka.

7. Adzan Tidak Hanya untuk Sholat
Adzan memang penanda waktu sholat, namun sejatinya penggunaan adzan tidak hanya dalam satu hal ini saja. Ada berbagai kondisi tertentu yang kita disunnahkan untuk mengumandangkan adzan. Salah satunya ketika bayi baru lahir. Kita disunnahkan untuk mengadzani si bayi dengan tujuan agar kelak ketika mendewasa si anak ini akan tahu kewajibannya. Tak hanya ketika bayi lahir, ketika hendak dikuburkan, jenazah juga diadzani. Pesan tersiratnya adalah manusia harus tetap beribadah sampai ajal menjelang. Ini juga jadi pengingat kita jika suatu saat suara adzan ini yang akan jadi bebunyian terakhir sebelum menuju ke kehidupan baru setelah kematian.

8. Pahala Azdan Sangat-Sangat Besar
Terlepas dari lantunan adzan-nya seperti apa, yang jelas para muadzin adalah orang paling beruntung di sisi Allah. Bagaimana tidak, pahala mereka sangat banyak dan dijanjikan berbagai kebaikan. Rasul bersabda dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, “Sesungguhnya, para muadzin itu adalah orang yang paling panjang lehernya di hari kiamat.” Maksud panjang leher ini menurut ahli tafsir adalah panjang pahala dan kebaikannya. Keuntungan menjadi muadzin juga adalah akan mudah diampuni oleh Allah. Hal ini dijelaskan dalam hadist, Rasul bersabda, “Seorang muadzin akan diampuni sejauh suara adzan yang ia kumandangkan.” Begitulah derajat para muadzin, sangat rugi bagi mereka yang punya kesempatan tapi melewatkannya begitu saja. Ibaratnya kita diberi sebuah Lamborghini cuma-cuma, tapi tak kita ambil gara-gara kerjaan atau tidur siang.

Inilah fakta-fakta tentang adzan. Keberadaannya adalah tanda rahmat dari Allah, kemusnahannya adalah kehancuran dunia. Juga tentang pahala azdan yang luar biasa meskipun amalannya sendiri tidak terlalu berat. Tentang adzan, Rasul menyinggungnya lagi dalam sebuah hadist. Beliau berkata, “Sekiranya orang-orang mengetahui akan rahasia keutamaan adzan dan shaf pertama, niscaya mereka akan berebutan meraihnya meski dengan cara merangkak.”

Sumber:
http://segiempat.com

No comments:

Post a Comment